Apakah udang tinggi kolesterol?

Makan udang sebagai bagian dari diet seimbang dapat menawarkan seseorang beberapa nutrisi penting, dan itu mungkin baik untuk kesehatan jantung dan jantung mereka.

Para dokter sebelumnya merekomendasikan untuk tidak makan udang sebagai bagian dari diet jantung-sehat, mengutip tingginya kadar kolesterol yang dikandungnya.

Namun, para peneliti sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berkontribusi terhadap penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Tampaknya udang bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat.

Bahkan bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi, keuntungan makan udang nampaknya lebih besar daripada kerugiannya.

Apakah udang tinggi kolesterol?

Departemen Pertanian Amerika Serikat mencatat bahwa 100 gram (g) udang mengandung 189 miligram (mg) kolesterol.

The 2015-2015 Dietary Guidelines for Americans menyarankan makan kolesterol makanan sesedikit mungkin. Mereka tidak merekomendasikan jumlah tertentu, tetapi mereka mengatakan bahwa seseorang yang mengikuti pola makan sehat akan mengkonsumsi sekitar 100-300 mg kolesterol per hari.

Di masa lalu, dokter berpikir bahwa semua kolesterol buruk bagi kesehatan. Namun, para ahli sekarang percaya bahwa high density lipoprotein (HDL), atau kolesterol “baik,” dapat menyeimbangkan dampak negatif dari low density lipoprotein (LDL), atau kolesterol “buruk”, yang menghasilkan keseimbangan yang sehat.

Dengan kata lain, kolesterol HDL “baik” dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, yang meningkatkan kolesterol LDL.

Pada tahun 1996, sekelompok ilmuwan menemukan bahwa makan udang meningkatkan kadar kolesterol LDL, tetapi kadar kolesterol HDL juga meningkat. Mereka menyarankan bahwa udang dapat mendukung kesehatan jantung daripada memperburuknya.

Makanan tinggi lemak jenuh dan trans juga dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Namun, 100 g udang mengandung kurang dari 0,3 g lemak, dan sebagian besar tidak jenuh. Dengan kata lain, kandungan lemak udang tidak mungkin meningkatkan kadar kolesterol LDL.

Dalam satu studi 2018, para peneliti mencatat bahwa sebagian besar makanan yang tinggi kolesterol juga tinggi lemak jenuh. Udang dan kuning telur adalah pengecualian. Keduanya rendah lemak jenuh tetapi kaya nutrisi lainnya. Para penulis menyarankan bahwa udang dan telur adalah makanan sehat yang tidak akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

American Heart Association (AHA) bahkan mendaftarkan udang sebagai makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol – selama orang tidak menggorengnya.

Di tempat lain, AHA mengklaim bahwa udang mengandung beberapa asam lemak omega-3. Ini adalah jenis lemak sehat yang dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan fungsi tubuh lainnya.

Risiko makan udang
Makan udang mungkin tidak meningkatkan kadar kolesterol, tetapi orang harus mempertimbangkan sejumlah faktor ketika memasukkannya ke dalam makanan. Bagian berikut merinci faktor-faktor ini.

Bahan – bahan lainnya
Meskipun udang mungkin menyehatkan jantung, beberapa metode memasak mungkin tidak.

Untuk memastikan udang sehat jantung dan rendah kolesterol, seseorang dapat:

panggang, rebus, bakar, atau masak dengan sedikit atau tanpa minyak
Bumbui dengan rempah-rempah, bawang putih, dan rempah-rempah
tambahkan jus lemon ke dalamnya
Mereka harus berusaha untuk tidak:

goreng atau tumis dengan mentega atau minyak
sajikan dengan saus krim atau mentega
tambahkan garam yang tidak perlu saat memasak dan memakannya
sajikan dengan karbohidrat olahan, seperti pasta putih

Polutan

Di toko, orang harus selalu memeriksa kemasannya atau bertanya pada departemen makanan laut dari mana udang itu berasal. Udang dapat mengambil kontaminasi dari polusi di laut dan sebagai akibat dari praktik budidaya udang yang tidak diatur.

Namun, bahkan informasi pada label tidak dapat menjamin bahwa udang aman. Baik udang yang dibudidayakan maupun yang ditangkap secara liar berisiko mengandung polutan.

Produk dengan label yang mengatakan “pertanian berkelanjutan” atau “bersertifikat MSC” biasanya menunjukkan pilihan yang lebih baik. MSC adalah singkatan dari Marine Stewardship Council.

Merkuri menjadi perhatian khusus dengan beberapa jenis makanan laut. Namun, menurut AHA, kandungan merkuri dalam udang cenderung rendah.

Penyimpanan dan memasak
Orang harus mencoba membeli udang dari sumber yang dapat dipercaya, karena penyimpanan yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

Penting untuk menjaga udang tetap dingin. Dalam lemari es, simpan ikan pada suhu 40 ° F atau lebih dingin hingga 2-3 hari. Simpan di bagian paling dingin dari lemari es. Untuk menyimpan lebih dari 2 hari, masukkan ke dalam kotak plastik dan bekukan. Jangan biarkan defrost udang beku yang dibeli di toko.

Setelah matang, dinginkan udang dengan cepat dan masukkan kembali ke lemari es dalam waktu 2 jam.

Juga, pastikan untuk menyiapkan dan memasaknya dengan benar. Bakteri berkembang biak pada suhu 40-140 ° F, jadi orang harus mengeluarkan udang dari lemari es dan memasaknya sekaligus hingga dagingnya menjadi buram. Bagian dalam perlu mencapai suhu 145 ° F untuk memasak.

Alergi
Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap udang. Udang adalah kerang, jadi penderita alergi kerang harus menghindarinya.

Orang dengan alergi kerang juga harus menghindari apa pun yang mungkin bersentuhan dengan udang, termasuk makanan yang disiapkan dengan peralatan yang sama.

Tanda-tanda reaksi alergi meliputi:

gatal-gatal atau ruam
pembengkakan
sulit bernafas
Jika seseorang memiliki gejala-gejala ini, mereka memerlukan perhatian medis segera, karena mereka mungkin mengalami anafilaksis. Ini adalah reaksi alergi parah yang dengan cepat dapat mengancam jiwa.

Nutrisi
Udang menawarkan berbagai nutrisi. Selain kolesterol, 100 g udang matang menyediakan nutrisi berikut:

99 kilokalori energi
24 g protein
0,3 g lemak
0,2 g karbohidrat
70 mg kalsium
0,5 mg zat besi
39 mg magnesium
237 mg fosfor
259 mg potasium
111 mg natrium
1,64 mg seng
Ini berarti udang itu rendah kalori tetapi kaya protein dan berbagai mineral penting lainnya.

Udang vs makanan laut lainnya
Jenis makanan laut lainnya, termasuk kepiting dan lobster, bervariasi dalam kadar kolesterol dan nutrisi lainnya. Ini, juga, dapat menawarkan manfaat kesehatan.

Kepiting
Daging kepiting tinggi protein dan rendah lemak serta kalori. Kepiting mengandung lebih sedikit kolesterol daripada udang, ditambah berbagai vitamin.

Namun, kepiting mengandung lebih banyak natrium daripada udang. Ini mungkin membuatnya tidak cocok untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Lobster
Lobster mengandung lebih banyak kolesterol daripada udang. Ini juga rendah kalori dan lemak jenuh tetapi tinggi protein, omega-3, dan selenium.

Ikan salmon
Salmon kaya akan minyak omega-3 yang menyehatkan.

Ini memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada lobster dan udang tetapi lebih sedikit kolesterol per porsi daripada udang.

Salmon juga kaya protein, dan menyediakan vitamin B.

Ini meningkatkan energi dan mendukung metabolisme dan sistem saraf yang sehat.

Tiram, kerang, dan kerang
Tiram, kerang, dan kerang kaya akan nutrisi seperti zat besi, seng, vitamin B-12, fosfor, niasin, dan selenium. Kerang dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Ringkasan
Dokter sekarang menganggap udang aman untuk dikonsumsi orang, berapa pun kadar kolesterolnya. Dalam jumlah sedang, konsumsi udang dapat memberikan banyak nutrisi penting. Orang yang mengikuti diet ketat yang ditetapkan oleh dokter atau ahli gizi harus bertanya kepada penyedia makanan mereka sebelum mengonsumsi udang. Mereka yang alergi terhadap makanan laut harus menghindari udang sama sekali.

Pertanyaan:
Apakah udang mentah aman dikonsumsi di sashimi?

Jawaban:
Beberapa ahli merekomendasikan makan udang mentah, meskipun dengan sangat hati-hati dan perhatian, orang bisa makan udang jenis tertentu – seperti udang manis – mentah. Saat makan udang mentah, pastikan udang itu sangat segar dan tanpa bau amis. Juga, pastikan bahwa itu berasal dari sumber yang dapat dipercaya, dan bahwa orang-orang telah menanganinya dengan cermat. Sebagian besar waktu, staf di restoran sushi akan merebus udang.

Para ahli merekomendasikan bahwa anak-anak, wanita hamil, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah tidak makan udang.  – Miho Hatanaka, RDN, LD –

Sumber : Medicalnewstoday.com

 

Baca juga :

3 Makanan laut ini atasi kolesterol tinggi

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *