Konsumsi Ikan Baik Untuk Diet

Mengapa ikan baik untuk diet? Ini dia nutrisi yang dikandung pada ikan:

1. Protein
Ikan mengandung sumber protein berkualitas tinggi yang dapat membantumu menurunkan berat badan. Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah sekitar 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk laki-laki. Untuk masa kehamilan dan menyusui ditambah 20 g dari kebutuhan berdasarkan usia. Protein bisa menjaga tetap kenyang lebih lama juga membantu memperkuat otot.

2. Lemak Sehat

Dalam tubuh ikan juga mengandung lemak, yaitu asam lemak omega-3. Fungsinya dapat melindungi jantung dan dikenal dapat menstabilkan berat badan lho! Dibandingkan dengan daging yang mengandung lemak hewani, ikan juga lebih rendah kalori.

3. Yodium
Ikan kaya akan yodium yang membuat fungsinya hormon tiroid menjadi lebih optimal. Hormon tiroid dapat memengaruhi tiap sel dan organ, mulai dari mengontrol sistem pencernaan sampai membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah. Segera konsultasikan ke dokter ya, apabila terjadi gejala kekurangan atau kelebihan hormon ini.

Nutrisi-nutrisi ikan yang baik tersebut sebaiknya jangan diremehkan. Untuk menurunkan berat badan cobalah mengonsumsi salmon, tuna, sarden, makarel atau kakap. Journal of the American College of Cardiology mencatat bahwa orang Jepang yang mengonsumsi minimal 100 gram ikan per hari, hanya punya setengah jumlah penderita serangan jantung dibandingkan Amerika Utara.

Pengaplikasiannya menurut seorang ahli gizi bersertifikat, Reed Mangels, tubuh membutuhkan sekitar 0,8 hingga 1 gram protein per kilogram dari berat badan. Jadi jika kamu memiliki berat badan 60 kilogram, butuh asupan protein sebesar 48-60 gram atau minimal 1 ekor ikan per hari.

So… jangan takut konsumsi ikan walaupun sedang diet.

 

Artikel Lain :

3 Makanan Laut Ini Atasi Kolesterol